Ketahui Penyebab dan 4 Gejala Komplikasi Batu Empedu

Batu empedu memiliki ukuran yang bermacam-macam. Jika dibandingkan bisa sepadan dengan  ukuran butiran pasir hingga bola pimpong. Kini penderita penyakit ini sudah banyak. Orang yang berpotensi menderita penyakit tersebut biasanya berumur lebih dari 40 tahun.


Biasanya penderita penyakit ini merasakan sakit secara tiba-tiba di bagian kanan perut yang disebut sebagai kolik bilier. Rasa sakit semakin terpicu setelah makan makanan berkadar lemak tinggi.

Jangan sampai penyakit batu empedu menjadi komplikasi. Sebelum hal ini terjadi jika telah terdapat pertanda gejala-gejala penyakit tersebut segeralah diobati. Umumnya gejala yang ditimbulkan adalah mual, muntah, sakit perut secara tiba-tiba, demam, hingga kulit gatal.

Demam yang terjadi akibat adanya infeksi. Seandainya penyumbatan saluran empedu tidak disertai adanya infeksi, maka gejala demam juga tidak akan terjadi.

Apa yang Terjadi Jika Terjadi Komplikasi?
Apabila suatu penyakit tidak segera teratasi akan berpotensi menjadikan semakin parah. Berikut ini ulasan penyakit empedu yang sudah komplikasi sebagai berikut.

1. Sakit Perut Secara Konstan
Sebelumnya komplikasi gejala rasa sakit secara tiba-tiba dan tak menentu jumlah waktunya. Berbeda ketika komplikasi akan merasakan sakit secara konstan. Kesakitan dalam waktu yang bisa dikatakan konstan ini menandakan sudah komplikasi. Terlihat dari waktu kesakitannya yang lebih sering terjadi.

2. Demam Tinggi
Sebelum komplikasi, mungkin juga terasa demam. Ketika penyakit ini tidak segera pulih, maka kemungkinan yang terjadi infeksi yang dialami juga semakin parah. Sehingga, demam tinggi tak kunjung membaik.

3. Sakit Kuning
Penyakit yang berhubungan dengan empedu dapat ditandai dengan banyaknya bagian tubuh yang menguning.

4. Pankreas Akut
Penyakit ini yang tak segera kunjung selesai bisa menyumbat saluran pankreas. Hingga pada akhirnya terjadi peradangan. Jika hal ini terjadi, penyakit yang diderita menjadi beragam antara empedu dan pankreas.

Menjaga kesehatan sangatlah penting. Sebelum terjadinya penyakit ini sebaiknya memperhatikan pola hidup yang sehat. Jangan sampai berlebih kadar kolesterol dalam tubuh agar terhindar dari batu empedu.