Persiapan yang Harus Dilakukan Untuk Mendaki Gunung (Hiking)

Mendaki gunung (hiking) adalah aktivitas yang menyenangkan dan sangat direkomendasikan untuk orang yang membutuhkan hiburan. Gunung adalah tempat yang bisa memberikan suasana baru dengan keindahan alam yang ditawarkan secara gratis. Tapi perlu diingat bahwa untuk pergi ke sana, Anda harus mempersiapkan segala sesuatunya agar lancar dan aman. 


Peralatan Wajib Mendaki Gunung (Hiking) Agar Tidak Hipotermia
Hipotermia adalah suatu keadaan dimana tubuh menjadi sangat dingin karena terlalu lama berada di tempat dingin. Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa letak gunung adalah dataran tinggi dan semakin tinggi dataran maka semakin dingin. Orang mendaki tanpa persiapan sama dengan harus siap mengalami hipotermia. Untuk menghindari hipotermia, maka berikut ini adalah 6 peralatan yang wajib dibawa saat mendaki.

1. Sleeping Bag
Berbahan polyester tebal dengan tinggi dan lebar yang cukup untuk satu orang, sleeping bag dapat digunakan untuk mencegah hipotermia.

2. Jaket Gunung
Jaket gunung ini memiliki fungsi sama seperti jaket pada umumnya, yaitu melindungi tubuh dari dingin. Hal utama yang membedakan keduanya adalah jaket gunung lebih tahan air, angin dan hawa dingin.

3. Tenda 
Tenda jelas harus dibawa saat Anda pergi mendaki gunung (hiking). Tenda dapat membantu Anda dari serangan hipotermia karena kemampuannya yang tahan dingin dan kuat dari hembusan angin gunung yang kencang.

4. Baju Ganti
Baju ganti wajib dibawa terutama jika mendaki saat musim hujan. Jangan lupa bawa baju ganti yang hangat untuk menghindari hawa dingin.

5. Obat-Obatan
Obat-obatan ini sangat dianjurkan untuk dibawa terutama jika Anda memiliki penyakit bawaan.

6. Peralatan Masak
Alat masak dapat juga mencegah hipotermia jika digunakan dengan benar dan tepat. Alat masak akan sangat membantu melawan hipotermia dengan menggunakannya sebagai alat memasak sesuatu yang hangat untuk tubuh.

Jangan pernah melewatkan satupun peralatan di atas untuk mencegah hipotermia di gunung. Anda juga bisa menambahkan hal lain seperti matras atau sepatu gunung dalam daftar barang persiapan mendaki. Mendaki gunung (hiking) memang terlihat menyenangkan namun bisa menjadi berbahaya jika Anda lalai dengan segala prosedur keselamatan diri.