Serba Serbi Cek Tagihan Listrik

Di era modern ini, listrik adalah salah satu hal yang sangat penting. Hampir semua barang elektronik baru bisa menyala bila ada aliran listrik. Bila Anda berlangganan layanan listrik, maka Anda harus membayar listrik setiap bulannya. Tetapi sebelum itu, Anda harus tahu terlebih dahulu dua jenis tagihan listrik. 


Jenis-jenis Tagihan Listrik

Ada dua jenis tagihan listrik yang perlu Anda ketahui. Jenis yang pertama adalah Prabayar dan kedua adalah Pascabayar. Apa perbedaan antara keduanya? Prabayar adalah sistem pembayaran yang dilakukan sebelum Anda menggunakan layanan. Anda bisa membayarnya di akhir bulan. Tagihan yang perlu Anda bayar pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan. 

Sedangkan jenis tagihan yang kedua adalah Pascabayar. Pascabayar adalah sistem pembayaran yang dilakukan setelah Anda menggunakan layanan listrik. Anda diharuskan untuk membayar sesuai dengan energi yang sudah terpakai saja. 

Cara Cek Tagihan Listrik
Untuk bisa melakukan pengecekan tagihan listrik, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Berikut ini adalah beberapa diantaranya:

1. Melalui Website
Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengecek tagihan listrik adalah melalui website. Ada banyak sekali website terpercaya yang bisa digunakan untuk mengecek tagihan listrik. Meskipun menggunakan website yang berbeda, cara pengecekannya tetap sama. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari kolom ID Pelanggan. Setelah Anda menemukannya, isilah kolom tersebut dengan ID Pelanggan PLN Anda. Untuk beberapa website, biasanya akan ada kolom khusus untuk memasukkan captcha. Jika ada, maka isilah kolom tersebut dengan captcha tertera. Selanjutnya, Anda bisa klik tombol cek tagihan. Jika sudah, maka tagihan listrik akan muncul. Cukup mudah bukan?

2. Melalui SMS
Jika Anda adalah orang yang sibuk sehingga tidak bisa membuka website, maka Anda bisa melakukan cek tagihan listrik melalui SMS. Untuk bisa melakukan pengecekan melalui SMS, Anda harus menggunakan kartu Indosat, XL, Flexi atau Telkomsel. Caranya cukup mudah, Anda bisa mengetik REK spasi Nomor ID Pelanggan PLN Anda. Jika sudah, kirimkan SMS tersebut kepada 8123. Setelah terkirim, Anda akan mendapatkan info terkait dengan info tagihan listrik Anda. Perlu diingat bahwa layanan ini tidak gratis, sehingga Anda harus memiliki pulsa minimal 1000 rupiah untuk bisa mengirim pesan. 

3. Melalui Telepon
Cara ketiga yang bisa Anda lakukan adalah menelepon ke PLN untuk cek tagihan listrik. Anda bisa menghubungi 123. Jika menelepon melalui handphone, maka masukkan kode area kota Anda. Misalnya, jika Anda di Malang maka masukkan 0341-123. Ikuti petunjuk dari Operator yang menerima panggilan. Jika sudah, Anda akan bisa mendapatkan info tagihan. 

4. Melalui Aplikasi
Tagihan listrik juga bisa dicek melalui aplikasi PLN. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi PLN Mobile di Google Play atau App Store. Jika sudah selesai mengunduh, buka aplikasi. Bila Anda belum memiliki akun, maka Anda bisa mengklik tombol daftar. Sedangkan kalau Anda sudah memiliki akun, maka klik tombol login. Saat mendaftar, lengkapi semua data diri yang diperlukan. Jika sudah, maka silahkan login ulang. Setelah Anda login, maka setiap Anda masuk ke dalam aplikasi, tagihan listrik akan langsung tertera di bagian atas aplikasi. Anda juga bisa mengecek informasi lain dalam aplikasi ini. 

4 cara diatas bisa Anda gunakan untuk mengecek tagihan listrik dimana saja dan kapan saja. Sangat mudah bukan? Jangan khawatir karena PLN memiliki layanan 24x7 sehingga Anda bisa mengaksesnya kapan saja.